>


Pj Gubernur Sumut Luncurkan Galeri Kreasi di Medan


Medianias.id _ Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni meluncurkan Galeri Kreasi Sumut yang berlokasi di Jalan Iskandar Muda, Medan. Nantinya, galeri tersebut akan dijadikan pusat aktivitas para pengrajin Sumut.

Galeri ini akan kita jadikan pusat aktivitas kegiatan pengrajin dan kerajinan baik untuk memamerkan produk, menjual produk, pelatihan, seminar, workshop, untuk nongkrong, dan aktivitas kegiatan lain,” kata Fatoni di Galeri Kreasi Sumut, Jalan Iskandar Muda, Medan, Sumut, Kamis (5/9/2024).

Melalui kesempatan ini, Fatoni mengapresiasi Dekranasda Sumut yang menggagas berdirinya Galeri Kreasi tersebut. Menurutnya, ini merupakan inovasi yang pertama di Indonesia.

Launching galeri ini sangat penting, agar tidak ada kesan bahwa ini kantor pemerintahan, tidak ada kesan ini milik satu organisasi, dengan nama galeri kreasi ini, menunjukkan galeri ini milik bersama, milik masyarakat Sumut tidak ada kesan ekslusif,” ucap Fatoni.

Menurut Fatoni, mempertimbangkan potensi Sumut yang sangat besar maka tempat seperti Galeri Kreasi sangat dibutuhkan untuk menampung kerajinan dari pengrajin se-Sumut. Untuk itu, pusat kerajinan seperti galeri kreasi akan terus dikembangkan dan dibesarkan dengan memanfaatkan sumber anggaran dari APBD maupun CSR.

Galeri Kreasi yang berada di kawasan Kantor Dekranasda Sumut, Jalan Iskandar Muda tersebut memiliki dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai tempat pameran atau penjualan produk kerajinan sementara di lantai kedua digunakan untuk tempat pelatihan, seminar, workshop dan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Dekranasda Sumut Mulyadi Simatupang mengatakan Galeri Kreasi tersebut berfungsi sebagai tempat promosi produk kerajinan.

Dekranasda Sumut telah banyak membina pengrajin, selain membina, kita juga bantu mempromosikan produk produknya, namun upaya ini tak lepas dari dukungan seluruh pihak,” ucapnya.

Peresmian Galeri Kreasi Sumut ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Pj Gubernur Fatoni didampingi Pj Ketua Dekranasda Tyas Fatoni, Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut Dian Arief S Trinugroho dan pejabat lainnya.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: