>


Sidang Perdana di IKN, Prabowo Subianto Sampaikan 5 Pernyataan


MediaNias.ID _ Sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sidang kabinet ini, Presiden terpilih RI sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto turut memberikan keterangan di sidang kabinet tersebut.

Sejumlah hal dibahas Prabowo, mulai dari komitmen melanjutkan IKN hingga forest city. Berikut  5 poin yang diutarakan Prabowo Subianto dalam sidang kabinet yang berlangsung di IKN pada Senin 12/8/2024.

1. Prabowo berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan IKN. Ia berjanji akan menuntaskan pembangunan IKN.

'Saya kira supaya jelas dan tadi sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa IKN ini akan kita tuntaskan, akan kita selesaikan dengan baik. Karena memang sangat dibutuhkan, tadi Bapak Presiden menyampaikan soal pemerataan dan keinginan kita untuk juga meringankan daya dukung Pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan konsentrasi kegiatan," kata Prabowo saat sidang kabinet yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024)

Jadi saya bertekad juga untuk tegaskan di sini bahwa kita akan lanjutkan. Kalau bisa kita percepat, Ucapnya.

2. Prabowo berterima kasih kepada jajaran otorita yang telah melakukan jerih payah membangun IKN selama ini. Prabowo bangga melihat kuatnya nuansa budaya bangsa di IKN.

Prabowo lantas mengucapkan ingin segera berkantor di IKN. "Komentar saya tentunya kepada otorita, terutama terima kasih atas jeri payah dan prestasi yang sudah dicapai, saya sebagai anak bangsa melihat, saya juga cukup bangga nuansa budaya bangsa kita sangat kuat dan ini juga membesarkan hati ini juga membuat saya ingin cepat beroperasi disini Pak," ujar Prabowo yang disambut tepuk tangan jajaran kabinet.

Prabowo lantas permisi di depan Jokowi karena akan menjadi yang pertama menempati IKN nantinya. Padahal, menurut dia, Jokowi-lah yang bersusah payah menginisiasi pembangunan IKN.

Pak Jokowi yang susah-susah, yang menikmati pertama saya, ya itulah takdir, Pak, minta maaf, Pak. Tapi ini kebanggaan, Pak, Ungkapnya.

3. Di kesempatan yang sama, Prabowo juga berbicara terkait penanggulangan bencana di IKN. Prabowo meminta pemerintah mewaspadai segala bencana.

Saya dididik untuk selalu menghadapi kemungkinan yang paling jelek karena kita inginnya forest city. Berarti masalah hutan itu sangat besar, berarti kita harus siap untuk bencana, bahaya kebakaran," ujar Prabowo.

Ini kita harus siap dengan teknologi yang ada, mungkin ada perencanaan yang besar menghadapi kemungkinan yang paling jelek, teknologi pemantauan dan juga penambahan pemadam kebakaran berkoordinasi, kita harus juga bantu badan bencana alam, BNPB mungkin harus dikonsentrasikan (di IKN).

Prabowo ingin meminimalkan IKN dari ancaman bencana. Dia menegaskan lagi bahwa IKN memiliki konsep forest city.

Tidak boleh ada sedikit peluang mengancam ibu kota negara karena kita desainnya forest city berarti forest-nya masuk ke city, dan untuk itu saya sangat berterima kasih ada penambahan embung-embung yang demikian besar," lanjutnya.

4. Prioritas pembangunan di IKN tak luput dari sorotan Prabowo. Dia menyarankan agar memprioritaskan gedung-gedung lembaga negara di IKN.

Kalau menurut saya ibu kota negara intinya adalah pusat pemerintahan, berarti yudikatif, eksekutif, dan legislatif, berarti gedung MPR/DPR menjadi prioritas dengan perumahan anggota DPR dan MPR dan ruangan kantornya dan juga MA, MK juga sangat mendesak menurut saya," kata Prabowo

Prabowo juga berharap agar Otorita IKN segera membuat sayembara desain untuk pembangunan gedung-gedung prioritas tersebut.

Jadi kalau bisa mungkin otorita sudah bisa mulai membuat sayembara, untuk desain yang bagus yang tidak bertentangan atau bertabrakan dengan desain yang sudah ada," ucapnya.

5. Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani karena telah membantu menyiapkan APBN 2025. Prabowo semakin optimistis menghadapi pemerintahannya nanti.

Dan satu sisi khususnya juga terima kasih dukungan Pak Presiden Jokowi dan semua rekan-rekan menteri, menko, sekali lagi menteri keuangan, menteri perekonomian yang terus membantu saya menyiapkan APBN yang akan datang," kata Prabowo.

Dukungan ini membuat Prabowo semakin optimistis melanjutkan program yang telah didirikan saat ini. Prabowo menyebut tantangan global semakin besar, tapi dirinya tetap optimistis menghadapi karena dukungan yang besar dari pemerintahan Jokowi.

Ini sangat, sangat membuat saya optimis, walaupun tantangan global besar, tapi kekuatan kita besar, dan dukungan Pak Presiden sekali lagi saya sampaikan dan semua menteri membuat saya optimis, Ucap Prabowo.


Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: