>


PT. PLN UP3 Nias Menambah Daya, Guna Antisipasi Pemadaman





MediaNias.ID _ PT. PLN (Persero) UP3 membangun penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) daya 10 MW berlokasi di Jalan Arah Lagundri Km 5 Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan untuk mengganti pemindahan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) MPP 25 MW di Idano," Jumat (19/7/2024).

Vendor PT Kurnia Purnamatama, Sampe Tua Manik sebagai pelaksana pekerjaan pembangunan pembangkit listrik tersebut ketika dikonfirmasi awak media Jumat (19/7), membenarkan bahwa pihaknya yang mengerjakan pembangunan pemasangan PLTD 10 MG yang berasal dari energi Batam.

Sampe Tua Manik menuturkan bahwa PLN Pusat ada rencana PLTG MPP 25 MG Idanoi Nias awal bulan Agustus mendatang akan dipindahkan ke Sulawesi," ungkapnya.

Mengantisipasi pemadaman listrik disejumlah tempat di Kepulauan Nias, maka kita berpacu mengejar waktu dalam pembangunan PLTD di Teluk Dalam, supaya akhir bulan Juli ini PLTD 10 MG sudah dapat beroperasi. 

Dalam waktu yang tidak begitu lama, target pengerjaannya mudah-mudahan sesuai yang direncanakan tepat waktu akhir bulan Juli ini sudah beroperasi.

Selanjutnya, pihak dari PT Kurnia Purnamatama dalam pelaksanaan pengerjaan ini tidak menemui hambatan, menyangkut sosialisasi pembangunan PLTD 10 MG kepada masyarakat sekitar adalah dari pihak pemerintah daerah dan PT PLN setempat. Sedangkan pihaknya dari PT. Kurnia Purnamatama adalah percepatan untuk pelaksanaan pembangkit," pungkas Tua Manik.

Begitu juga saat dikonfirmasi Asisten Manajer Jaringan dan Konstruksi Unit UP3 Nias, Lamris Rajagukguk kepada awak media Jumat (19/7/2024) melalui hubungan telepon seluler, membenarkan ada rencana PLN Pusat melalui PLN Batam untuk pergeseran PLTG MPP 25 MW di Idanoi Nias ke Sulawesi.

Pergeseran PLTG MPP 25 MW Idanoi Nias milik PLN Batam ke Sulawesi merupakan program PLN Pusat untuk memenuhi pasokan daya listrik di daerah tersebut," kata Lamris Rajagukguk.

Disinggung mengenai pasokan listrik selama ini sering terjadi pemadaman, Lamris mengatakan pihaknya menambah PLTD 10 MW di Telukdalam  dan menyusul penambahan daya lagi di UP3 PLN Gunung Sitoli  merupakan program PLN Pusat, supaya pasokan listrik di Kepulauan Nias berjalan normal.

Terkait sosialisasi kepada masyarakat pembangunan PLTD 10 MW di Telukdalam, dalam waktu dekat pihak PLN dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan juga dari PT Kurnia Purnamatama Kabupaten Nias akan melaksanakan pertemuan atau  sosialisasi," Ucap Lamris R.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: