>


Pembangunan PLTD 10 MW Di Nias Selatan Siap Beroperasi



MediaNias.ID _ Pembangunan tambahan mesin PLTD 10 MW yang merupakan milik PLN Pembangkit Energi Batam bertujuan untuk menunjang kehandalan daya listrik yang dikelola PT PLN UP3 Nias menyusul rencana pemindahan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas  berdaya 25 MW yang ada di Idanoi, Kota Gunungsitoli ke Sulawesi.

Vendor PT Kurnia Purnama Tama, Sampe Tua Manik sebagai pelaksana pekerjaan pembangunan pembangkit listrik tersebut ketika dikonfirmasi awak media, Kamis (25/7), membenarkan pihaknya yang mengerjakan pembangunan pemasangan PLTD 10 MW milik PLN Pembangkit Energi Batam (PEB)  sudah tahap finishing dan siap operasikan.

Menurut Sampe Tua Manik, progres pekerjaan sampai saat ini sesuai target pengerjaan yang disepakati selama 40 hari sudah mencapai 95 persen sehingga mesin PLTD tersebut sudah siap untuk dioperasikan.

Sementara Neneng Tim Survei dari PEB Batam yang ditemui awak Media di lokasi pembangunan PLTD tersebut, Kamis (25/7/2024) menyampaikan dengan adanya rencana PLN Pusat, PLTG MPP 25 MW yang ada di Idanoi akan direlokasi ke tempat lain, maka penambahan PLTD 10 MW di Nias Selatan dapat  mengakomodir pasokan listrik di Kepulauan Nias.

Penambahan PLTD 10 MW dapat bersinergi dengan pembangkit listrik tenaga diesel yang sudah ada, agar kesediaan daya listrik di Nias Selatan dapat berjalan normal,”‘Ungkap Neneng.

Disinggung mengenai dampak lingkungan kepada masyarakat setempat, Neneng menjelaskan mesin yang baru ini sudah memakai peredam suara, pungkas Neneng.

Selanjutnya Egi Purnama operator mesin PLTD 10 MW tersebut mengungkapkan mesin yang terpasang ini adalah mesin dengan desain terbaru dan running hours yang masih rendah dengan silincer exhaust gas yang ada di dalam ruang mesin compartement.

Mesin ini mampu meredam suara kebisingan menjadi sangat halus. Hal ini berbeda pada umumnya dengan mesin PLTD yang lain yang mempunyai exhaust silincer di luar yang menghasilkan suara kebisingan yang agak besar,” ungkap Egi Purnama.

Secara terpisah Kades Bawofanayama, Petrus Wau kepada awak media menyampaikan pada dasarnya pihaknya mendukung pembangunan PLTD Telukdalam yang ada di wilayah Pemerintahan Desa Bawofanayama Kec Fanayama.Kab.Nias Selatan.

Masyarakat yang ada di wilayah desa berharap keberadaan PLTD yang ada, membawa nilai positif bagi masyarakat setempat, termasuk perekrutan tenaga kerja agar diprioritaskan warga sekitar, Ujar Kepala Desa Bawofanayama Petrus Wau.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: