>


KPU RI Ungkap Desain Surat Suara Jika Paslon Tunggal di Pilkada


MediaNias.ID 
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) berbicara mengenai desain surat suara jika terdapat pasangan calon tunggal di Pilkada 2024. KPU menyebut dalam surat suara akan ada satu kotak kosong di samping gambar pasangan calon.

Jadi dalam surat suara adanya hanya satu paslon dan satu kolom kosong," kata Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat kepada wartawan, Rabu 17/7/2024.

Artinya pemilih diberi keleluasaan untuk pilihannya, dalam artian kalau setuju dengan yang bersangkutan pasti memilih gambar paslon. Kalau tidak setuju berarti memilih kolom yang kosong itu," sambungnya.

Sementara itu, Drajat mengatakan tidak ada spesifikasi khusus dalam logistik Pilkada 2024. Dia menyebut logistik Pilkada masih sama dengan Pemilu 2024.

Iya, sama. Nanti, sama. Toh, yang kami laksanakan di Pemilu 2024 juga sudah teruji cukup baik, kotak juga baik, bilik juga baik, surat suara juga baik," Ungkapnya.

Termasuk, kata Drajat, kesiapan logistik untuk disabilitas pun masih tetap sama. Drajat mengatakan pihaknya tetap akan menyediakan layanan pendamping untuk pemilih disabilitas.

Kami selalu menginstruksikan kepada jajaran penyelenggara di tingkatan TPS dan KPPS, untuk membuat TPS harus ramah kepada penyandang disabilitas dan kemudian pelayanan sigap kepada pemilih disabilitas," Ucapnya.



Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: