>


Simpatisan Partai Politik Narasumber di Bawaslu Nias Selatan,Pelatihan saksi Partai Politik

 



MediaNias.ID_Berdasarkan pantauan rekam jejak digital/ Media online Miartiko Gea (facebook Mico gea) merupakan Simpatisan salah satu Partai politik Peserta Pemilu 2024 menjadi  Narasumber di Bawaslu Kab. Nias Selatan pada hari Kamis 27/12/2023.di Baga Hotel,pada Kegiatan Fasilitasi Pelatihan Saksi Partai Politik Pada Pemilu 2024 di Kab.Nias Selatan. Simpatisan parpol ini dapat memicu gesekan konflik kepentingan dalam perhelatan Pemilu 2024 di Kab. Nias Selatan

Harusnya Bawaslu Nias Selatan sebagai pengawas Pemilu termasuk pengawas konten sosial media memperhatikan rekam jejak digital narasumber nya. Selanjutnya Narasumber pada kegiatan hari ini tidak memiliki pengalaman dan kapabilitas terkait Penyelenggara Pemilu. Orang yang tidak paham Pemilu jadi Narasumber. Menurut salah seorang Peserta yang tidak mau disebutkan namanya.

Selanjutnya beberapa Panwaslu Kecamatan Juga mengeluhkan dimana,narasumber pada kegiatan sebelumnya yang tidak paham terkait teknis pengawasan Pemilu, sehingga kami kewalahan. Materi Narasumber dan pada ruang tanya jawab tidak bisa menjawab pertanyaan kami, lain yang kami tanya lain pula yang dijawab Narasumber nya. Sehingga kami pilih diam saja sambil pura - pura mengerti.

Ibarat pepatah kuno" orang buta menuntun orang buta, Materi yang di sampaikan Miartico Gea tidak bisa menjawab Terkait teknis pengawasan, pencegahan dan Penindakan Pemilu. Narasumber hari ini semacam barang impor yang dipaksa namun kwantintas dan kualitasnya rendah.

Sebelumnya juga pada kegiatan Rakernis Pengawasan Netralitas ASN, TNI dan Polri  6/12/2023 yang Narasumber nya Y. Tohu Ndruru. Kami peserta Panwaslu terheran kenapa narasumber nya bukan Bupati Nias Selatan, Sekda,Kepala BKD atau Kepala Inspektorat Nias Selatan sebagai pejabat pembina kepegawaian (PPK) di Pemkab Nias Selatan. Kenapa bukan kepala Inspektorat Nisel mesti inspektur pembantu narasumber nya. Apa karena hubungan organisasi maka kwalitas diabaikan.

Beberapa Panwaslu Kecamatan menyampaikan  dari kegiatan Bimtek/Rakernis ada narasumber yang tidak ada kapabilitas dan tidak memiliki pengalaman terkait teknis pengawasan, pencegahan dan Penindakan Pemilu. Kami kecewa Kami peserta kurang  Memahami materi yang disampaikan Narasumber.


Selanjutnya ketika awak Media melakukan konfirmasi melalui  chatting whatsApp kepada ketua  Bawaslu Nias Selatan,terkait dengan Salahsatu Narasumber di Bawaslu hari ini,Ketua jawab" Miartiko gea SH,Pemerhati Pemilu selanjutnya beliau mengatakan, oh ya?.

Sorotan terhadap Miartiko Gea/Mico gea oleh beberapa masyarakat, pemerhati Pemilu Kab. Nias Selatan yang secara tegas menyatakan Hastag Mosi Tidak Percaya kepada Miartiko Gea dan telah diberitakan pada beberapa media online sebelumnya.Masyarakat, pemerhati Pemilu Menyoroti masa Timsel Bawaslu Miartiko Gea Khusus Kabupaten Nias Selatan telah memilih Bawaslu Kab. Nias Selatan yang tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait Pemilu.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: