>


Rehabilitasi dan Restrukturisasi Pohon Manggrove dipesisir Pantai Hiliofanaluo oleh YAKOPI

 




MediaNias.ID_ Yayasan Konservasi Pesisir Pantai (YAKOPI) beserta Perwakilan Donatur dari Negara Paman Sam (Amerika Serikat) melakukan monitoring Penanaman dan Pembibitan Manggrove/ Pohon Bakau di Posko Kelompok Tao'saroo' dan Kelompok Nelayan Pantai Fohili pesisir pantai Desa Hiliofonaluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan, Selasa 5 Desember 2023.

Kegiatan monitoring ini disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Hiliofonaluo An. Felix J. Gee, Ketua Kelompok an. Julius Bawaulu beserta anggota kelompok dan Tokoh masyarakat/ Akademisi.

Kegiatan dimulai pesisir penanaman mangrove di Naregeho, Rafa - Rafa dan di Nuja dengan menggunakan  tranportasi Speed boat/ perahu milik warga desa setempat, Selanjutnya dilanjutkan monitoring lokasi Pembibitan Pohon Mangrove/Bakau di Desa Hiliofonaluo.

kepala Desa Hiliofonaluo beserta Ketua kelompok Nelayan Taosara'o menyampaikan bahwa kelompok Nelayan Pantai Fohili/ Kelompok Tao'sarao' akan membuka Tambak kepiting dan Tambak udang, hal tersebut langsung disambut baik oleh Direktur Yayasan Konservasi Pesisir Pantai (YAKOPI) Elling Tuhono dan menyampaikan bahwa kalau masyarakatnya semangat maka YAKOPI lebih semangat,silahkan diukur berapa meter panjang dan lebar rencana tambak itu dan diajukan proposal ke YAKOPI agar kita bantu,Ungkapnya


Masyarakat Desa Hiliofonaluo berterimakasih dan menyambut baik rencana pembukaan tambak ini,serta mengapresiasi kelompok Nelayan Pantai Fohili di Desa Hiliofonaluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan, dan kepada Yakopi yang telah melakukan rehabilitasi dan restrukturisasi Mangrove/Pohon Bakau di pesisir pantai Hiliofanaluo sehingga akan berdampak positif pada perlindungan ekosistem habitat laut, dapat  menahan laju risiko Sunami.dan Kelak warga berharap Bakau ini dapat dijadikan wisata Pohon Manggrove di kepulauan Nias.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: