>


Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Urusan Pemerintahan Desa




MediaNias.id_Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH, MH hari ini membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi dan Pengawasan Urusan Pemerintahan Desa Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nias Selatan  sekaligus pelaksanaan Gelombang I giat ini bertempat di Wallo Green Teluk Dalam Selasa, 21/11/2023.

Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan yang juga sebagai Inspektur Kabupaten Nias Selatan Amsarno S. Sarumaha, SH., MH bahwa giat ini diselenggarakan oleh Inspektorat Kab. Nias Selatan bertujuan agar Kepala Desa dan BPD selaku penyelenggara Pemerintahan Desa mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing sesuai aturan yang berlaku sehingga roda Pemerintahan Desa dapat berjalan dengan baik. Mengingat banyaknya jumlah peserta dan jauhnya jarak domisili peserta, pelaksanaan kegiatan ini dibagi dalam 6 gelombang dengan lokasi pelaksanaan di 6 tempat berbeda.


Bupati Hilarius Duha dalam arahannya mengatakan bahwa permasalahan penyelengggaraan Pemerintahan Desa yang menjadi fokus perhatian yaitu:aspek pengelolaan keuangan desa, aspek SDM terutama kemampuan aparat desa menguasai teknologi,aspek material (sarana prasarana) dan aspek metode (penyusunan APBDesa, rapat BPD). Inspektorat sebagai APIP sudah semakin baik dalam melakukan fungsi pengawasan dan pembinaan dengan tujuan agar Pemerintahan Desa dapat terhindar dari jeratan sanksi hukum pidana.

Sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kab. Nias Selatan, pada kesempatan ini diberikan penghargaan kepada Pemerintahan Desa yang dinilai memiliki kepatuhan dalam pelaksanaan APB Desa TA 2023 yaitu: Desa Siwalawa (Kec. Fanayama), Desa Hiliamaetaniha (Kec. Luahagundre Maniamolo), Desa Hilifalago, Desa Hilialito Sa'ua (Kec. Onolalu), Desa Hilimagiao (Kec. Aramo) dan Desa Hiliamaetaluo (Kec. Toma). 

Narasumber kegiatan gelombang I ini Yakni Kajari Nias Selatan Dr. Rabani M. Halawa, SH., MH., Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K, MH, Inspektur Kab. Nias Selatan dan dari DPMD Kab. Nias Selatan.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: